Selasa, 06 September 2022

Modul Ajar SD dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Modul Ajar SD dengan Pembelajaran Berdiferensiasi (Doc. Pribadi)

Memasuki Alur MERRDEKA selanjutnya adalah Demonstrasi Kontekstual. Ketika membaca petunjuk tugas demonstrasi kontekstual Modul 2.1 di LMS membuat RPP, langsung teringat dengan pelatihan mandiri yang pernah saya ikuti 2 bulan lalu.

Saya pernah mengikuti dua kali pelatihan mandiri secara online yang membahas tentang pembuatan Modul Ajar (dalam K-13 dikenal RPP). Walaupun tahun pelajaran 2022/2023 ini sekolah saya belum mengimplementasi Kurikulum Merdeka namun, saya selalu semangat untuk lebih mengenal kurikulum yang resmi diluncurkan Februari 2022 lalu oleh Menteri Kemdikbudristek, Bapak Nadiem Anwar Makarim. 

Saya juga terus belajar dan berlatih menggunakan aplikasi Canva guna membantu menyiapkan beberapa kebutuhan termasuk pembuatan Modul Ajar. Inspirasi ini saya dapatkan pada salah satu postingan seorang guru di Grup Facebook “Canva Untuk Pendidikan”. Guru tersebut membuat modul ajar dengan media Canva. Saya pun tertarik untuk mencoba membuatnya.

Selain sebagai tugas pelatihan mandiri pada salah satu komunitas praktisi di PMM bernama GPBI (Guru Penggerak Berbagi Ilmu), modul ajar itu juga saya upload di Bukti Karya pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). Tujuannya adalah untuk mendapatkan feedback dari sesama guru yang membacanya. Beberapa feedback yang masuk, membuat saya pun memperbaiki modul ajar ini dengan melengkapi beberapa item yang belum ada.

Pada Ruang Kolaborasi sebelumnya, saya belajar tentang bagaimana pembelajaran berdiferensiasi mengakomodasi kebutuhan murid di kelas. Hasil asesmen yang saya dapat pada awal pertemuan di awal tahun pelajaran ini menjadi acuan saya untuk terus memperbaiki diri agar keberpihakkan kepada murid itu benar-benar terlaksana maksimal dalam proses pembelajaran.

Modul ajar ini bukan hanya untuk memenuhi tugas demonstrasi kontekstual di PGP saja tetapi, materi modul ajar ini juga merupakan bagian dari materi kelas yang saya ampuh sekarang yaitu kelas 3 SD. Saya berencana untuk menggunakan modul ajar ini dalam proses pembelajaran di semester ganjil ini. Pertama kali mengajar di kelas dengan pembelajaran berdiferensiasi sepertinya menarik. Membayangkannya saja sudah membuat saya tersenyum…

Berikut ini adalah modul ajar yang telah saya persiapkan : https://drive.google.com/file/d/1lP97Fd35d-LRcnKshFDDuv2hmFDqPs9n/view?usp=sharing 

Saran dan kritik dari bapak/ibu guru yang membaca sangat membantu saya untuk memperbaiki modul ajar berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca…

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...