Sabtu, 03 September 2022

Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi Kasus SD

 

Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1 Ruang Kolaborasi (Doc. Pribadi)

Ruang Kolaborasi Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Murid ini, saya bersama kelompok membahas skenario pembelajaran berdiferensiasi kasus SD.

 Saat berada di Ruang Kolaborasi hari pertama Jum’at / 02 September 2022, kami berdiskusi tentang pembelajaran berdeferensiasi yang menjadi skenario pada kasus SD. Secara singkat, skenario kasus ini terjadi pada seorang guru SD bernama Pak Dermawan yang akan masuk ke kelasnya untuk mengajar mata pelajaran IPA materi cara kerja sistem pencernaan. Banyak hal yang dipersiapkan oleh Pak Dermawan seminggu sebelum masuk mata pelajaran IPA ini.

Sebelum membahas skenarionya, ada beberapa materi utama yang kami tampilkan pada presentasi, yaitu :

§  Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi, “Serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid (Tomlinson : 2000).” Jadi, pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha terbaik guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan murid dan berfokus pada kesiapan belajar, minat belajar murid, dan profil belajar murid.

 

§  Ciri / Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi

Adapun ciri atau karakter pada pembelajaran berdiferensiasi ini sebagai berikut :

-       Tujuan pembelajaran yang didefinisikan dengan jelas untuk para muridnya.

-       Guru mengetahui kebutuhan murid untuk menyiapkan dan menyesuaikan rencana pembelajaran yang efektif.

-       Lingkungan nyaman yang mengundang murid untuk belajar dengan bahagia, tanpa tekanan, dan murid merasa aman di dalamnya.

-       Manajemen kelas yang efektif dengan menciptakan rutinitas yang lebih fleksibel namun tetap terstruktur dengan jelas.

-       Penilaian yang berkelanjutan yang didapat dari penilaian formatif yang telah dilakukan untuk merefleksi proses pembelajaran yang telah dilalui. 

§  Aspek Kebutuhan Murid sebagai berikut :

-       Kesiapan belajar murid

-       Minat belajar murid

-       Profil belajar murid

Ada 4 pertanyaan yang dibahas dalam scenario pembelajaran berdeferensiasi pada kasus Pak Dermawan, yaitu menentukan kebutuhan belajar murid, kebutuhan murid yang sedang dipenuhi oleh Pak Dermawan, strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan Pak Dermawan, dan penilaian yang dilakukannya.

Semua pertanyaan telah kelompok saya diskusikan di hari pertama Ruang Kolaborasi. Kemudian hari kedua Ruang Kolaborasi Sabtu / 03 September 2022 saya bersama rekan kelompok mempresentasikan hasil diskusi dalam ruang virtual bersama fasilitator dan rekan-rekan CGP lainnya. Berikut ini video hasil diskusi yang kami presentasikan : 


Video Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi Modul 2.1 Ruang Kolaborasi (Doc. Pribadi)

Demikianlah artikel kali ini tentang hasil diskusi kelompok saya di Ruang Kolaborasi Modul 2.1. Semoga menginpiraasi untuk para pembaca.

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...