Senin, 01 Agustus 2022

“Imaji tentang Murid 33 MB di Masa Depan”

Artikel ini adalah hasil refleksi mandiri saya pada modul 1.3. Visi Guru Penggerak. Alur Merdeka yang pertama adalah Modul 1.3.a.3. Mulai Dari Diri yang terbagi dari 3 refleksi mandiri (Refleksi Mandiri 1, Refleksi Mandiri 2, dan Refleksi Mandiri 3).

Berikut hasil refleksi mandiri saya :

Refleksi Mandiri 1.1

                                            Mimpi saya tentang Murid 33 MB (Doc. Pribadi)

Setiap manusia pastilah mempunyai impian akan masa depannya. Untuk menggapai impian, akan ada rancangan sebagai jalan menuju impian. Rancangan disusun, ditata, dan dibuat sedemikian rupa dengan memperhatikan berbagai aspek. Keberpihakkan kepada murid menjadi dasar disusunnya semua impian. Selain itu, memahami kekuatan dalam diri yang dijadikan sebagai langkah awal dan kelemahan dalam diri sebagai upaya untuk terus belajar memperkuat potensi yang dimiliki. Kemudian juga melibatkan banyak pihak dalam menggapai impian-impian ini karena sejatinya semua impian ini adalah harapan dari banyak pihak. Seperti yang dikemukakan oleh Aditya Dharma, S.Si., M.B. A, “Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan banga kita, Indonesia.”

 

Refleksi Mandiri 1.2

Sebagai manusia yang memilih profesi mulia sebagai seorang GURU, ada impian-impian saya tentang murid di masa depan yang ingin diwujudkan. Berikut ini imaji saya tentang murid UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat (33 MB) di masa depan (5-10 tahun) :

 
Mimpi saya tentang Murid 33 MB (Doc. Pribadi)

·       Saya memimpikan murid 33 MB yang bahagia dalam kesehariannya juga berkarakter Profil Pelajar Pancasila, tercermin dari akhlak mulia (akhlak : beragama, pribadi, sesama, alam, dan negara), toleransi, gotong royong, mandiri, dan kreatif sesuai dengan minat bakatnya.

·       33 MB percaya bahwa murid adalah manusia yang sedang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodratnya, di hari nanti mereka akan menjadi bagian dari peradaban / sejarah terbaik dalam hidup mereka.

·       33 MB mengutamakan pembelajaran yang berpihak kepada murid dan ekosistem sekolah yang nyaman dan bahagia untuk muridnya.

·       Murid 33 MB sadar betul bahwa mereka punya mimpi yang harus diwujudkan dan untuk merancang mimpi itu dimulailah dari pembentukan dan penguatan karakter dirinya.

·       Guru 33 MB yakin untuk mencapai impian-impian itu diperlukan niat tulus, tekad kuat, bergerak bersama, dan berkolaborasi untuk mewujudkannya menjadi nyata.

·       Guru 33 MB paham bahwa sekolah yang nyaman adalah murid bahagia didalamnya dan murid selalu rindu akan sekolahnya.

 

Refleksi Mandiri 1.3

Berdasarkan dari refleksi mandiri 1.1 dan 1.2, di bagian akhir dari Modul 1.3.a.3 ini saya akan mengformulasikan Visi saya tentang murid dan sekolah yang saya impikan dalam satu kalimat.

Visi sekolah impian saya adalah :

                                                    Visi Sekolah Impian Saya (Doc. Pribadi) 

Demikian Visi tentang sekolah impian dan imaji murid 33 MB akan datang yang telah saya tuangkan dalam artikel ini. Semangat selalu untuk mewujudkannya.

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...