Selasa, 20 September 2022

Kolaborasi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial-Emosional

 

Koneksi Antar Materi Modul 2.2 (Doc. Pribadi)

Peran pendidik yang telah disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara (KHD) adalah penuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka tumbuh dan berkembang sebagai individu maupun anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Pemikiran KHD ini mengingatkan kita bahwa tugas pendidik sebagai pemimpin pembelajaran adalah menumbuhkan motivasi murid untuk dapat membangun perhatian yang berkualitas pada materi dengan merancang pengalaman belajar yang mengundang dan bermakna untuk para murid.

Pada materi sebelumnya telah dipaparkan bagaimana keberpihakkan kepada murid menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang bersumber dari pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD). Bagaimana bentuk keberpihakkan itu ? Memenuhi kebutuhan para murid adalah jawabannya. Beragamnya potensi dan minat murid membuat banyak kebutuhan mereka yang harus terpenuhi. Melalui pembelajaran berdiferensiasi diharapkan

dapat mengakomodir keberagaman kebutuhan murid tersebut. Selain itu, guru juga perlu mengetahui dengan baik bagaimana kondisi sosial-emosional murid yang akan dihadapinya. Dari sinilah peran Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam proses pembentukkan karakter murid.

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran berdiferensiasi sudah cukup sebagai rencana yang dipersiapkan guru untuk memenuhi kebutuhan para muridnya sehingga membuat modul ajar yang berdiferensiasi sudah sangat baik dilakukan. Setelah mempelajari modul ini, ternyata pembelajaran berdiferensiasi tidak cukup untuk menuntun tumbuh kembang murid secara holistik. Pembelajaran seyogianya dapat mendorong perkembangan anak secara positif dengan program yang terkoordinasi antara berbagai pihak dalam komunitas di lingkungan sekitar anak untuk tumbuh terutama di komunitas sekolah. Jadi, mengkolaborasikan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional bagai paket komplit dalam usaha sadar guru untuk memenuhi kebutuhan muridnya.

Ada 3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari dari modul ini :

1.   Saya mendapat berbagai referensi praktik baik dalam implementasi Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) di lingkungan sekolah. Praktik baik ini tentunya saya dapatkan dari berbagi bersama rekan sesama CGP di Ruang Kolaborasi. Kami berdiskusi dan menyusun inisiatif program penguatan KSE bagi murid dan rekan sejawat. Kemudian mempresentasikan hasil kelompok dan saling membagikan praktik baik dalam impelementasi KSE. Ruang Kolaborasi kali ini menjadi inspirasi untuk saya dalam menerapkan KSE di sekolah nantinya.

2.   Saya mendemonstrasikan implementasi KSE dengan belajar membuat modul ajar. Jika pada modul sebelumnya saya belajar membuat modul ajar berdiferensiasi maka, pada modul ini saya melengkapi modul ajar saya sebelumnya dengan paket lengkap yaitu Modul Ajar Berdiferensiasi dan Terintegrasi Kompetensi Sosial-Emosional (KSE).

3.   Saya juga memperkuat materi yang telah didapat pada modul 2.2 dari Elaborasi Pemahaman bersama instruktur di ruang virtual sore ini. Bersama Bapak Melkianus Dju Rohi, S.Pd., M.Hum, kami menggali dan mengkonsolidasi pemahaman serta implementasi PSE di kelas, sekolah, dan sekitar. Saya semakin memahami bahwa PSE ini tidak dapat dikerjakan sendiri oleh kita (guru) namun, perlu adanya kolaborasi oleh seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperolah dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah setelah mempelajari modul ini adalah mulai mengimplementasikan praktik-praktik baik PSE yang telah saya dapatkan pada lingkungan sekitar terutama para murid dan rekan sejawat di sekolah. Pastinya...praktik baik itu disesuaikan dengan kondisi 33 MB (UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat), tempat saya menghabiskan hampir seperempat waktu setiap harinya. 

Demikian Koneksi Antar Materi Modul 2.2 saya, semoga bermanfaat untuk para pembaca khususnya bapak/ibu guru hebat di seluruh Indonesia.

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia…

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...