Minggu, 18 September 2022

Modul Ajar SD Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

 

Modul Ajar SD Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE (Doc. Pribadi)

Setelah pada modul sebelumnya mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan dalam memenuhi keragaman kebutuhan belajar murid, selanjutnya pada modul ini kembali lagi mempelajari tentang pembelajaran yang berbasis kebutuhan murid namun tentang kesiapan psikis murid (sosial dan emosional).

Pada Ruang Kolaborasi Modul 2.2, saya juga telah belajar banyak tentang bagaimana Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) penting untuk dipelajari dalam proses pembelajaran terutama di dalam kelas. Menyiapkan psikis murid sebelum memulai pembelajaran sangat penting agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal. PSE merupakan proses pembentukan diri yang berkaitan dengan kesadaran diri, manajemen diri, dan kemampuan relasi, serta berisi keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan murid untuk dapat bertahan dalam masalah sekaligus memiliki kemampuan pembelajaran memecahkannya.

Tugas Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE), kami diharapkan dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional dalam RPP / Modul Ajar.

Modul ajar ini saya buat dengan menintegrasikan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yang akan diimplementasikan dalam proses pembelajaran berdiferensiasi. Adapun alasan dalam memilih 5 KSE agar modul ajar ini memuat satu paket komplit KSE yang dibutuhkan dalam perkembangan sosial dan emosional para murid.

Modul ajar ini bukan hanya untuk memenuhi tugas demonstrasi kontekstual di PGP saja tetapi, materi modul ajar ini juga merupakan bagian dari materi kelas yang saya ampuh sekarang yaitu kelas 3 SD. Saya berencana untuk menggunakan modul ajar ini dalam proses pembelajaran di semester ganjil ini. Pertama kali mengajar di kelas dengan pembelajaran berdiferensiasi serta berintegrasi PSE sungguh menantang untuk saya. Semoga saya mampu membawa pembelajaran berdiferensiasi berintegrasi PSE ini ke dalam kelas. Aamiin.

Berikut ini adalah modul ajar yang telah saya persiapkan : https://drive.google.com/file/d/1yZhH4yTOB8Rt-BZfbj2asBwjgQYVmGmI/view?usp=sharing

Saran dan kritik dari bapak/ibu guru yang membaca sangat membantu saya untuk memperbaiki modul ajar berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca…

Semangat belajar untuk kita semua dan salam bahagia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...