Kamis, 16 Juni 2022

Refleksi 4P

Modul 1.2 hampir dipenghujung jalan, kini saatnya masuk Koneksi Antar Materi pada alur merdeka belajar. Hal-hal yang menjadi pembelajaran bagi saya setelah mempelajari modul 1.1 hingga akhir modul 1.2 ini akan dituangkan dalam model refleksi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan). Berikut ini refleksi saya :

Refleksi 4P Modul 1.2 Koneksi Antar Materi (Doc. Pribadi)

PERISTIWA. Moment yang paling penting bagi saya setelah mempelajari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini adalah moment dimana setelah Pendampingan Individu pertama bersama Pendamping Praktik saya. Saya mendapatkan lebih banyak lagi motivasi sehingga saya mulai menata mimpi-mimpi yang akan saya wujudkan di perjalanan saya selanjutnya.

Ketika Pendidikan Guru Penggerak (PGP) dimulai, di waktu bersamaan saya lulus PPPK dan ditempatkan di sekolah baru. Bukan hanya sekolah baru namun, lingkungan baru, jenjang sekolah yang baru, dan suasana baru. Saya harus memulai adaptasi dari awal sementara pendidikan guru penggerak ini dimulai dari merefleksi semua peristiwa/kegiatan selama kita menjadi guru, berkolaborasi dengan teman sejawat, melakukan pembelajaran berpusat kepada murid, dan semua kegiatan itu diharapkan mencerminkan sekolah tempat kita mengajar. Tidak mudah untuk saya dengan cepat beradaptasi bahkan dari awal saya harus melawan kekhawatiran dalam diri saya sendiri namun, motivasi dari orang-orang yang selalu bersama saya pada PGP ini membawa saya pada rancangan mimpi-mimpi baru saya di sekolah baru ini.

Kaitan modul 1.1 dan 1.2 yang saya pelajari membuat saya berpikir bahwa dimanapun seorang guru berada, guru harus mampu menjalankan nilai dan peran sebagai guru penggerak. Modul 1.1 mengubah pola pikir saya bahwa aktor utama adalah murid. Semua yang dilakukan oleh seorang guru haruslah berlandaskan pemikiran untuk kebahagiaan murid. Sehingga pada Modul 1.2 berkolerasi dengan Modul 1.1 yaitu seorang guru penggerak haruslah memiliki nilai keberpihakkan pada murid, mandiri, reflektif, kolaborasi, dan inovatif agar tujuan dari pendidikan yang diamanatkan Undang-Undang dapat tercapai.

PERASAAN. Saat moment ini terjadi saya merasa semakin semangat mewujudkan mimpi-mimpi saya demi masa depan murid saya di sekolah. Dukungan dari rekan sejawat baik itu kepala sekolah dan rekan guru membuat saya percaya bahwa kami bisa berkolaborasi demi mewujudkan ekosistem sekolah yang menyenangkan.  

PEMBELAJARAN. Sebelum moment tersebut terjadi saya berpikir banyak kekhawatiran dalam diri termasuk apakah saya bisa menjalankan peran sebagai seorang penggerak sesuai dengan yang diharapkan. Namun, saya percaya ketika kita menjalankan sesuatu dengan tulus selalu ada jalan untuk terus bergerak melakukan perubahan positif dimanapun kita  berada khususnya di sekolah. 

PENERAPAN. Rencana saya ke depan untuk menguatkan nilai dan peran sebagai seorang guru penggerak adalah mulai perlahan mewujudkan mimpi-mimpi saya seperti yang telah saya tuangkan dalam Modul 1.2 Demonstrasi Kontekstual.

Menanamkan dan menguatkan karakter murid dengan peduli diri sendiri dimulai dari menjaga kebersihan diri melalui program SEMATA, peduli alam dan lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihannya, peduli orang sekitar melalui program sosial D-KA, belajar hidup hemat dengan menabung melalui program NADI. Semua ini diharapakan akan melahirkan duta sehat, duta lingkungan, duta menabung, duta sosial, dan duta-duta lainnya.

Penanaman karakter menjadi hal pertama yang saya rencanakan karena usia anak tingkat SD haruslah dimulai dari pembentukan dan penguatan karakter dirinya. Ketika anak-anak sudah memiliki karakter peduli, disiplin, cakap, dan kreatif maka bekal ini dapat membantu mereka memasuki jenjang berikutnya.

Demikian refleksi yang saya dapat dari pembelajaran di Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini. Semoga semangat ini terus membawa saya pada tujuan akhir dari Pendidikan Guru Penggerak yaitu sebagai agen transfromasi pendidikan.

Salam bahagia dan semangat belajar untuk kita semua…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...