Rabu, 17 Agustus 2022

Jurnal Refleksi Ke-3

Jurnal Refleksi Ke-3 part 1 (Doc. Pribadi)

Tiba saatnya membuat jurnal refleksi untuk minggu ke-6 (jurnal refleksi ke-3) Modul 1.3 “Visi Guru Penggerak”.

Dalam pendidikan guru, jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis (Bain dkk, 1999). Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). Jurnal ini juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran (Denton, 2018), sehingga kita dapat semakin mengenali diri sendiri.

Pada refleksi minggu ke-6 (jurnal refleksi ke-3) ini, saya menggunakan Papan Cerita Reflektif (Reflective Storyboard). Berikut ini jurnal refleksi ke-3 saya dengan alur MERRDEKA :

 

·     M (Mulai Dari Diri)

Setelah saya mempelajari Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hajar Dewantara dan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak, tiba pada Modul 1.3 Visi Guru Penggerak, saya mendeskripsikan mimpi-mimpi saya dalam “Imaji Murid 33 MB di Masa Depan”. Kemudian dari imaji itu disusun menjadi sebuah Visi Sekolah Impian. Saya selalu bersemangat dengan hal-hal yang berangkat dari “sebuah mimpi”. Saya pun mencoba membuat visi sekolah impian yang ingin saya wujudkan di masa depan nanti. Artikel tentang Imaji Murid 33 MB di Masa Depan ini saya tulis di dua blog pribadi saya.

 

·     E (Eksplorasi Konsep)

Saya bersama dengan teman-teman CGP lainnya menuliskan Visi Sekolah masa depan yang diimpikan. Selain itu kami pun saling menanggapi visi yang telah dibuat. Pada forum diskusi ini juga, Pak Muhari selaku Fasilitator juga mendampingi kami dan selalu memberikan motivasi juga semangat untuk para CGP. Setelah membaca visi-visi yang disusun oleh teman-teman CGP terpikir oleh saya begitu besarnya pengaruh modul ini untuk kami karena visi membawa kami pada tujuan yang ingin dicapai dan menambah semangat untuk mewujudkannya.

 

·     R (Ruang Kolaborasi)

Hari pertama Vicon (Gmeet) bersama fasilitator Pak Muhari, kami membahas tentang materi Inkuiri Apresiatif dalam prakarsa perubahan dengan alur BAGJA. Saya dan teman CGP lainnya saling bertukar pikiran dalam mewujudkan visi yang telah dibuat dalam sebuah alur yang diberi nama BAGJA.

Setelah itu, kami juga dibagi dalam 2 kelompok. Saya masuk Kelompok 2 bersama 4 teman CGP lainnya. Kelompok kami pun mulai berdiskusi di ruang LMS yang telah disiapkan oleh Pak Muhari selaku fasilitator. Kami menentukan 1 visi yang telah kami sepakati bersama. Visi itu kami buat dalam prakarsa perubahan dengan alur BAGJA.

 

·     R (Refleksi Terbimbing)

Hari kedua Vicon (Gmeet) Kembali bersama fasilitator Pak Muhari dan teman-teman CGP lainnya. Kami memprsentasikan hasil diskusi kelompok yang kemarin telah kami susun dan siapkan. Setelah itu saling menanggapi dan bertanya dengan kelompok 1. Video hasil diskusi kelompok 2 saya upload di channel Youtube ( https://youtu.be/JGgscGG7_sM ) dan artikelnya saya tulis di dua blog pribadi saya.

Diskusi bersama Pak Muhari saat itu menambah ilmu baru buat saya yaitu alur BAGJA tidak hanya dibuat untuk visi besar (visi sekolah) saja namun, bisa digunakan untuk pembelajaran yang kita lakukan di dalam kelas. Kita dapat menentukan tujuan/target apa yang akan dicapai dengan alur BAGJA dalam kondisi perubahan apapun yang kita inginkan. Akhir dari refleksi terbimbing ini membawa saya pada 1 ide untuk materi demonstrasi kontekstual.


                                             Jurnal Refleksi Ke-3 part 2 (Doc. Pribadi)

 

·     D (Demonstrasi Kontekstual)

Visi yang akan saya wujudkan dalam prakarsa perubahan dengan alur BAGJA berdasar pada Program SEMATA (Senyum Manis Kita) yang telah dijalankan di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat di akhir bulan Juli lalu. Video hasil dari demonstrasi kontekstual ini saya upload pada channel Youtube ( https://youtu.be/r8ogmLUY7HI ) dan artikelnya saya tulis di dua blog pribadi saya.

 

·     E (Elaborasi Pemahaman)

Vicon diruang Gmeet dengan elaborasi pemahaman bersama instruktur Ibu Amelia, semua CGP dan juga dihadiri PP saling betukar pendapat mengenai Modul 1.3 Visi Guru Pengguruk. Hal yang menarik perhatian kami ketika Ibu Amel menyampaikan materi tentang perumusan visi sekolah dengan menggunakan kata yang bermakna sehingga menggugah orang-orang ketika membacanya. Beberapa teman CGP juga tertarik dengan bahasan materi penyusunan visi ini.

 

·     K (Koneksi Antar Materi)

Elaborasi pemahaman menginspirasi saya untuk merefleksi visi sekolah impian yang telah saya buat pada Mulai Dari Diri sebelumnya. Kemudian saya pun menyusun visi Kembali sekolah impian : “Mewujudkan Murid yang Berakhlak Mulia dan Berkarakter Mandiri Demi Terwujudnya Generasi yang Merdeka dan Unggul”. Berkakhlak mulia tidak hanya berhubungan dengan Sang Pencipta Allah SWT namun, juga berakhlak dengan dirinya, sesama, alam, dan lingkungan sesuai dengan elemen pertama Profil Pelajar Pancasila. Mandiri artinya dengan penuh kesadaran bersikap sesuai dengan kondisi yang ada tanpa diperintah/dipaksa untuk melakukan sesuatu. Merdeka berarti bebas dan bahagia namun masih dalam norma/aturan yang berlaku dimana pun berada dan unggul berarti menang sesuai dengan kemampuan, minat, juga bakat.

 

·     A (Aksi Nyata)

Aksi nyata adalah alur terakhir dari MERRDEKA. Aksi nyata pada Modul 1.3 ini akan memaparkan sebuah video dalam channel Youtube saya yang berjudul “Penerapan BAGJA dalam SEMATA”. Program SEMATA (Senyum Manis Kita) merupakan salah satu program unggulan UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat yang telah berjalan mulai tahun pelajaran 2022/2023. SEMATA memiliki visi menanamkan karakter berakhlak untuk diri khususnya kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, dengan SEMATA diharapkan akan terbentuk karakter mandiri pada murid dari kegiatan rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Demikian refleksi yang saya dapat dari pembelajaran di Modul 1.3 ini. Semoga semangat ini terus membawa saya pada tujuan akhir dari Pendidikan Guru Penggerak yaitu sebagai agen transfromasi pendidikan.

Sekian jurnal refleksi ini saya buat dan semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Semangat untuk terus belajar dan salam bahagia untuk kita semua..

-------------------------------------Bangka, 13 Agustus 2022-----------------------------------

Penulis : Lisa, S.Pd., (Guru kelas di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat / Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Bangka)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...