Tiba saatnya membuat jurnal refleksi untuk minggu ke-6 (jurnal refleksi ke-3) Modul 1.3 “Visi Guru Penggerak”.
Dalam pendidikan guru, jurnal refleksi dipandang
sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong
guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam
mengevaluasi sebuah topik secara kritis (Bain dkk, 1999). Menuliskan jurnal
refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk
mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai,
sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang
sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). Jurnal ini juga dapat menjadi sarana
untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran
(Denton, 2018), sehingga kita dapat semakin mengenali diri sendiri.
Pada refleksi minggu ke-6 (jurnal refleksi ke-3) ini, saya
menggunakan Papan Cerita Reflektif (Reflective Storyboard). Berikut
ini jurnal refleksi ke-3 saya dengan alur MERRDEKA :
·
M (Mulai Dari Diri)
Setelah
saya mempelajari Modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional – Ki Hajar
Dewantara dan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak, tiba pada Modul 1.3
Visi Guru Penggerak, saya mendeskripsikan mimpi-mimpi saya dalam “Imaji Murid
33 MB di Masa Depan”. Kemudian dari imaji itu disusun menjadi sebuah
Visi Sekolah Impian. Saya selalu bersemangat dengan hal-hal yang berangkat dari
“sebuah mimpi”. Saya pun mencoba membuat visi sekolah impian yang ingin saya
wujudkan di masa depan nanti. Artikel tentang Imaji Murid 33 MB di Masa Depan
ini saya tulis di dua blog pribadi saya.
·
E (Eksplorasi Konsep)
Saya
bersama dengan teman-teman CGP lainnya menuliskan Visi Sekolah masa depan yang
diimpikan. Selain itu kami pun saling menanggapi visi yang telah dibuat. Pada
forum diskusi ini juga, Pak Muhari selaku Fasilitator juga mendampingi kami dan
selalu memberikan motivasi juga semangat untuk para CGP. Setelah membaca
visi-visi yang disusun oleh teman-teman CGP terpikir oleh saya begitu besarnya
pengaruh modul ini untuk kami karena visi membawa kami pada tujuan yang ingin
dicapai dan menambah semangat untuk mewujudkannya.
·
R (Ruang Kolaborasi)
Hari
pertama Vicon (Gmeet) bersama fasilitator Pak
Muhari, kami membahas tentang materi Inkuiri Apresiatif dalam prakarsa
perubahan dengan alur BAGJA. Saya dan teman CGP lainnya saling bertukar pikiran
dalam mewujudkan visi yang telah dibuat dalam sebuah alur yang diberi nama
BAGJA.
Setelah
itu, kami juga dibagi dalam 2 kelompok. Saya masuk Kelompok 2 bersama 4 teman
CGP lainnya. Kelompok kami pun mulai berdiskusi di ruang LMS yang telah
disiapkan oleh Pak Muhari selaku fasilitator. Kami menentukan 1 visi yang telah
kami sepakati bersama. Visi itu kami buat dalam prakarsa perubahan dengan alur
BAGJA.
·
R (Refleksi Terbimbing)
Hari
kedua Vicon (Gmeet) Kembali bersama fasilitator Pak Muhari dan
teman-teman CGP lainnya. Kami memprsentasikan hasil diskusi kelompok yang
kemarin telah kami susun dan siapkan. Setelah itu saling menanggapi dan
bertanya dengan kelompok 1. Video hasil diskusi kelompok 2 saya upload di
channel Youtube ( https://youtu.be/JGgscGG7_sM
) dan artikelnya saya tulis di dua blog pribadi saya.
Diskusi
bersama Pak Muhari saat itu menambah ilmu baru buat saya yaitu alur BAGJA tidak
hanya dibuat untuk visi besar (visi sekolah) saja namun, bisa digunakan untuk
pembelajaran yang kita lakukan di dalam kelas. Kita dapat menentukan
tujuan/target apa yang akan dicapai dengan alur BAGJA dalam kondisi perubahan
apapun yang kita inginkan. Akhir dari refleksi terbimbing ini membawa saya pada
1 ide untuk materi demonstrasi kontekstual.
Jurnal Refleksi Ke-3 part 2 (Doc. Pribadi)
·
D (Demonstrasi Kontekstual)
Visi
yang akan saya wujudkan dalam prakarsa perubahan dengan alur BAGJA berdasar
pada Program SEMATA (Senyum Manis Kita) yang telah dijalankan di UPTD SD Negeri
33 Mendo Barat di akhir bulan Juli lalu. Video hasil dari demonstrasi
kontekstual ini saya upload pada channel Youtube ( https://youtu.be/r8ogmLUY7HI ) dan
artikelnya saya tulis di dua blog pribadi saya.
·
E (Elaborasi Pemahaman)
Vicon diruang Gmeet dengan elaborasi
pemahaman bersama instruktur Ibu Amelia, semua CGP dan juga dihadiri PP saling
betukar pendapat mengenai Modul 1.3 Visi Guru Pengguruk. Hal yang menarik
perhatian kami ketika Ibu Amel menyampaikan materi tentang perumusan visi sekolah
dengan menggunakan kata yang bermakna sehingga menggugah orang-orang ketika membacanya.
Beberapa teman CGP juga tertarik dengan bahasan materi penyusunan visi ini.
·
K (Koneksi Antar Materi)
Elaborasi pemahaman menginspirasi saya untuk
merefleksi visi sekolah impian yang telah saya buat pada Mulai Dari Diri
sebelumnya. Kemudian saya pun menyusun visi Kembali sekolah impian : “Mewujudkan
Murid yang Berakhlak Mulia dan Berkarakter Mandiri Demi Terwujudnya Generasi
yang Merdeka dan Unggul”. Berkakhlak mulia tidak hanya berhubungan dengan
Sang Pencipta Allah SWT namun, juga berakhlak dengan dirinya, sesama, alam, dan
lingkungan sesuai dengan elemen pertama Profil Pelajar Pancasila. Mandiri artinya
dengan penuh kesadaran bersikap sesuai dengan kondisi yang ada tanpa
diperintah/dipaksa untuk melakukan sesuatu. Merdeka berarti bebas dan bahagia
namun masih dalam norma/aturan yang berlaku dimana pun berada dan unggul
berarti menang sesuai dengan kemampuan, minat, juga bakat.
·
A (Aksi Nyata)
Aksi nyata adalah alur terakhir dari MERRDEKA. Aksi nyata pada Modul 1.3 ini akan memaparkan sebuah video dalam channel Youtube saya yang berjudul “Penerapan BAGJA dalam SEMATA”. Program SEMATA (Senyum Manis Kita) merupakan salah satu program unggulan UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat yang telah berjalan mulai tahun pelajaran 2022/2023. SEMATA memiliki visi menanamkan karakter berakhlak untuk diri khususnya kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, dengan SEMATA diharapkan akan terbentuk karakter mandiri pada murid dari kegiatan rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut.
Demikian refleksi yang saya dapat dari pembelajaran di
Modul 1.3 ini. Semoga semangat ini terus membawa saya pada tujuan akhir dari
Pendidikan Guru Penggerak yaitu sebagai agen transfromasi pendidikan.
Sekian jurnal refleksi ini saya buat dan semoga
bermanfaat untuk para pembaca.
Semangat untuk terus belajar dan salam bahagia untuk
kita semua..
-------------------------------------Bangka, 13 Agustus
2022-----------------------------------
Penulis : Lisa, S.Pd., (Guru kelas
di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat / Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten
Bangka)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar