Kamis, 17 November 2022

Jurnal Refleksi Ke-8

 

Jurnal Refleksi Ke-8 (Doc. Pribadi)

Jurnal Refleksi Ke-8 (Minggu ke-16) pada Pendidikan Guru Penggerak tentang Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.

Sama hal dengan jurnal refleksi pada modul sebelumnya, jurnal refleksi kali ini menjadi bagian penting dalam pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis (Bain dkk, 1999). Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). Jurnal ini juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran (Denton, 2018), sehingga kita dapat semakin mengenali diri sendiri.

Pada refleksi minggu ke-16 (jurnal refleksi ke-8), saya menggunakan model 4C (Connection, Challenge, Concept, Change). Model ini dikembangkan pertama kali oleh Ritchhart dan cocok digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran yang telah didapat. Adapun beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model 4C, yaitu:

1.   Connection. Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran saya sebagai Calon Guru Penggerak?

2.   Challenge. Adakah ide, materi, atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang saya jalani selama ini?

3.   Concept. Ceritakan konsep-konsep utama yang saya pelajari dan menurut saya penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?

4.   Change. Apa perubahan dalam diri saya yang ingin saya lakukan setelah mendapatkan materi sampai akhir pembelajaran?

Adapun hasil refleksi saya setelah mempelajari Modul 3.1 ini :

Connection. Keterkaitan materi yang didapat dengan peran saya sebagai Calon Guru Penggerak sangat berkorelasi mengingat Pendidikan Guru Penggerak ini di desain untuk mempersiapkan agen transformasi pendidikan. Menurut saya, modul ini menjadi modal seorang pemimpin dalam mengambil keputusan yang bijak berdasar dari nilai-nilai kebajikan yang diyakini bersama.

Challenge. Ada ide, materi, atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang saya jalankan selama ini, saya temukan itu pada ruang kolaborasi bersama fasilitator dan ruang elaborasi pemahaman bersama instruktur. Pada ruang kolaborasi, fasilitator mengatakan bahwa alur TIRTA bukanlah satu-satunya desain yang digunakan dalam mengambil sebuah keputusan, namun dapat menjadi solusi terbaik seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan yang bijak. Pada ruang elaborasi, instruktur mengatakan teruslah mengambil keputusan-keputusan sehingga dari setiap keputusan yang kita ambil akan mengasah keterampilan kita dalam mengambil sebuah keputusan dari suatu masalah.

 

Concept. Konsep utama yang saya pelajari dan akan terus saya bawa selama menjadi Calon Guru Penggerak bahkan setelah menjadi Guru Penggerak adalah saya akan terus belajar mengambil keputusan-keputusan dengan menggunakan alur TIRTA sehingga keterampilan pengambilan keputusan terasah dengan baik.

 

Change. Perubahan dalam diri saya yang ingin saya lakukan adalah memulai pengambilan keputusan bersumber dari nilai-nilai yang diyakini bersama agar hasil keputusan dapat diterima banyak pihak dan tidak ada yang dirugikan.

 

Semakin banyak kita mengambil keputusan, semakin terasah pula keterampilan kita dalam pengambilan keputusan dan hasil keputusan pun akan maksimal serta semakin bijak.

Mari..terus mengambil keputusan-keputusan agar kita semakin terampil dalam mengambil sebuah keputusan.

Semoga jurnal refleksi ini bermanfaat untuk para pembaca.

Semangat untuk terus belajar dan salam bahagia untuk kita semua..

-------------------------------------Bangka, 18 November 2022-----------------------------------

Penulis : Lisa, S.Pd., (Guru kelas di UPTD SD Negeri 33 Mendo Barat / Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Bangka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Observasi Kelas Penuh Cerita

  Observasi Kelas 1 33 MB, Rabu/06 Maret 2024 (Doc. Pribadi)           Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di dunia pendidika...